Kamis, Juli 17, 2008

Riwayat Belajar Seorang Murid

Liburan yang tiga bulan ini bikin gw gak ada kerjaan. Di rumah cuma makan, makan, makan,tidur, tidur,tidur, dan maen Football Manager. Tapi di saat liburan begini dan otak gak dipake sama sekali, gw jadi sering berpikir (tapi bukan jorok!) merenung tentang masa-masa dahulu dimana gw masih pake celana pendek merah, biru, dan celana panjang abu-abu. Memori gw melancong ke masa-masa itu dan mengenang guru-guru yang pernah ngajar gw sampe akhirnya gw bisa jadi seperti ini. Dari anak kecil keriting, berkacamata, jorok, suka ileran, ingusnya turun naik, dan suka pipis di celana sendiri. Jadi seorang pemuda keriting, berkacamata, jorok, suka ileran, ingusnya turun naik, dan suka pipis di celana...orang lain.

Gw baru inget ternyata selama ini guru gw banyak yang aneh-aneh. Pertama di waktu SD di Trisula Perwari I. Waktu gw kelas 6, kelas terakhir gw di masa-masa anak kecil.Guru or wali kelas gw itu namanya pak Eko . Tau sendiri khan yang namanya SD itu satu guru ngajar banyak mata pelajaran. Cara ngajar Pak Eko ini dengan penampilan kayak orang lagi beler. Rambutnya putih semua, mata sayu dengan lingkar biru disekitarnya, memakai kemeja asal-asalan, cara ngomongnya kayak Bimbim Slank, dan saban hari nyedot ingus mulu pas lagi ngajar. " Jadi perang *SROT!!* Diponegoro *SROT!!* berlangsung dari *SROT!!* 1928-.... (gw lupa akhirnya kapan!)". Sungguh menjijikkan. Pengen aja gw nawarin kokain biar dia giting disitu.

Yang kedua di tingkat SMP, yaitu SMP 216. Disini banyak banget guru gw yang aneh-aneh. Ada duet guru yang mirip banget sama Luigi - Mario yang suka nongkrongin gerbang bwat nge-gapin anak-anak yang celananya melebihi lutut (kita mesti pake celana 5cm diatas lutut, yahh nyerempet hot pants lahh.. kita diajarin homo sejak dini.. huhuu..). Tapi ada yang anehnya the best. Namanya itu Pak Rahman dan dia ngajar matematika.

Bentuknya botak, gendut, cengengesan, jalannya ngangkang, mukanya kayak badut, dan sedikit kumisan. Trus kalo ngomong suaranya cempreng kayak Komeng. Waktu itu ada ujian matematika tentang bangun ruang, dan kita diminta membawa benda-benda yang berbangun ruang kayak kubus, silinder, bola,dll.

Pertama-tama ada yang bawa kaleng biskuit gede lengkap dengan biskuitnya dengan bentuk silinder. "Wahh bagus nihh..", kata Pak Rahman trus dia nulis nilai 9 di daftar nilai. Kedua ada yang bawa biskuit Tango kecil yang bentuknya balok. "Kecil nih..", kata dia trus nulis angka 6 di daftar nilai. Trus selanjutnya temen gw maju, bawa kotak sabun kecilyang gak ada isinya. Dengan melotot dia bilang, "Apaan nih !!? Udah kecil, gak ada isinya, bau lagi!!" dan dengan enaknya tuh kotak sabun sialan itu dilempar trus dia nulis angka 3 di buku nilainya.

Pernah suatu hari pas dia jadi guru pengganti karena ada guru yang gak masuk, suasana kelas tenang dan seantero kelas lagi mencatat. Tiba-tiba Pak Rahman bilang, "Eh..eh..eh.. lo keluar dahh..!!". Yang diusir bingung donk, orang gak ada salah apa-apa diusir. "Knapa pak?"."Udeh keluar.. gue gak demen aja liat muke lo..". Dan dengan sukses dia keluar karena mukanya gak enak diliat sama Pak Rahman.

Yang terakhir pas gw SMA. Namanya Sigalingging, dia ngajar Sejarah. Seharusnya yang diajar sama dia itu sejarah dunia & Indonesia. Tapi pada kenyataannya sejarah yang dipelajari kita adalah SEJARAH HIDUP SIGALINGGING. Omongan dia gak pernah berhubungan dengan materi yang ada dibuku. "Dulu yang suka sam saya ada 17 cewek.. Dari 17 itu satu orang jadi istri saya. Ada tiga tahap seleksinya. Pertama dari fisik, kedua dari cara bicara, ketiga dari sifatnya". Itu pelajaran sejarah mendapatkan istri. Ada lagi tentang kisah dia bertualang ke dunia akhirat dan diajak tur ngeliat-liat surga dan neraka. Atau cerita dia jadi dukun bwat ngusir setan pas ada orang kesurupan. Dan dia menceritakan itu dengan intonasi lambat di siang hari sehingga menyebabkan kantuk yang luar biasa. Sialnya kalo ada yang ketauan tidur bakal dia bentak untuk bangun trus dengerin omongan ngaco dia layaknya Kak Seto masuk Gereja Setan, ngaco banget!!

Begitulah sebagian guru-guru aneh. Itu baru sebagian loh, kalo diceritain lebih lengkap mungkin bakal ngabisin berlembar-lembar halaman. Tapi tanpa guru juga gw bukan apa-apa. Cuma bisa jadi cecunguk yang nongkrong di pinggir jalan pake kutang sama celana pendek sambil nyabutin bulu ketek sendiri.

10 komentar:

gadis mengatakan...

ahahahhahaha!!!
sigalingging2...gw ingetbgt dia punya anjing namanya ponky trus anaknya sma di tarki!
anjiirrr.....gak penting bgt tu guru!
pengen bgt gw teriakin di mukenye..."like i care!...get a life!!"
anw..knp pindah ke blogspot kan?
-princessGadis-

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

wahh..

yang punya anjing gw blom denger tuhh..

hehee...

bukan pindah dis.. cuma nambah media aja.. makin banyak khan lebih bagus, ye gak..?? hehe

Benazio R.P mengatakan...

hahahaa gaul abis ni orang, gokil juga nih kayanya hehe ..

gw lagi blogwalking nih dari tempatnya radith .. sesama pecinta buku radith, tapi bukan sesama pecinta radith karena gw ngga homo hehe ..

well, nice to know you, another crazy blogger hehe . see ya then. ^^

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@ benazio : gak mungkin jg lah gw cinta cowok, gw sukanya binatang, terutama yang bertentakel..

hehehee..

thx a lot yahh.. salam kenall...

agaz mengatakan...

hahahha parah bgt guru2 lo, pantesan siswa hasil didikan nya kaya elo

kekekekek bcanda broo, iseng2 numpang lewat nemu blog lo
nice blog ;)

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@agaz : wahaha.. tengkyu bro..

CIAO ITALIA! mengatakan...

heey

salam kenal

ciao
G.H.
unmacchiato.blogspot.com

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@ ciao italia :

hai!!

salam kenal juga..!!

Dimpul mengatakan...

nice blog, hehehhe anak UI ya, gw kek nostalgia baca blog-lo

salam kenal dek.. (^__^)

ikankriting mengatakan...

@dimpul :

selamat bernostalgia ya kak..
hehehee..