Minggu, November 01, 2009

Cinta dan Ungkapan

Cinta, sebuah perasaan yang dikenal oleh setiap orang. Bisa membuat orang berubah 180 derajat jika sedang merasakan cinta. Seorang preman bongsor, item, dan gemar membunuh bisa terdiam, kaku, dan keringetan apabila dia lagi ketemu sama cewek yang dia sukain. Akhir-akhir ini, kata "cinta" sering diumbar secara vulgar lewat lagu-lagu yang dibawakan oleh band-band yang tampil seperti Moymoypalaboy. Cuma bisa mangap-mangap dan bergaya, bahkan listriknya tak nyala.

Seperti yang udah disebutin tadi, lagu merupakan salah satu cara untuk mengumbar atau mengungkapkan perasaan cinta seseorang. Selain itu, mungkin lo masih inget dengan acara "Katakan Cinta" dimana terdapat 1001 cara mengungkapkan cinta. Ada yang lari dari Tanjung Priok - Depok, naek kapal bebek di danau Ancol, atau bahkan berpakaian adat Jawa keliling Jakarta. Cinta memang bisa membuat orang gila, tak tahu malu, dan mabuk kepayang.

Kalau mau ditarik ke belakang, jangan diturutin. Nanti takutnya diculik. Jaman sekarang lagi tren penculikan. Eh salah topik. Ulang. Revisi. Tidak nyambung. *Terbawa sindrom skripsi*

Kalau mau ditarik ke belakang, ungkapan rasa cinta yang paling klasik adalah dengan tulisan. Mulai dari jaman kerajaan Majapahit sampe Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Romeo-Juliet sampe Kabayan-Iteung, Julius Caesar sampe Julius Sitanggang, cara ini terbukti masih sering dipakai dan cukup efektif. Menggunakan kata rayuan maut dan pujian setinggi langit. Analogi hiperbolis dan ungkapan manis.

Cara ini terus mengalami perkembangan. Dulu biasanya memakai media surat yang dianter sama pak pos. Media ini disebut "SURAT CINTA". Seseorang yang sedang jatuh cinta akan sering menunggu di depan rumah, menunggu datangnya pak pos datang membawa surat dari sang kekasih nan rupawan. Begitu pak pos dateng, langsung lari ke arah dia. Membuat pak pos takut, karena terlihat seperti ingin nomprok pak pos. Pak pos takut karena pak pos bukan pemain rugby.

Begitu berhasil ngerebut surat dari pak pos, langsung masuk ke kamar. Pintu kamar dikunci, lampu dimatikan, dan lampu baca dinyalakan. Biar syahdu. Mungkin untuk menambah suasana, imajinasi memutar lagu Elvis Presley - Can't Help Falling In Love. Setelah suasana siap, menatap surat yang ada di meja. Fungsi dari menatap itu adalah sebagai fotografi pikiran. Warna amplop, tulisan, dan detil-detil lipatan disimpan secara lengkap di otak. Memaksakan diri untuk memiliki kemampuan Photographic Memory, ingatan yang seperti gambar video. Tergambar secara nyata.

Sebelum surat dibuka, dicium dulu wangi suratnya. Diendus-endus seperti anjing pelacak yang mencari bom. Walaupun udah tercampur bau keringet pak pos, gak masalah. Yang penting bau kekasih masih berasa dominan. Setelah puas ngendus-ngendus surat dan sesekali menarik ingus -takut kena surat-, surat dibuka pelan-pelan dengan menggunakan pisau dapur.

Mas Jono Pangeran Hatiku,

Aku sangat senang menerima surat dari kamu. Hatiku terbuai ke langit, kaki ku terpisah dari tanah, dan gravitasi tak mampu menarikku lagi. Ungkapan perasaan mu kepadaku membuatku tidak percaya. Seperti pangeran yang jatuh cinta kepada rakyat jelata. Sebenarnya, aku telah mengagumi mas sejak pertama kali mata kita beradu pandang. Tapi, apakah dayaku sebagai seorang wanita, aku hanya bisa menahan napas dan terdiam melihatmu melangkah gagah di hadapanku membawa lembayung surgamu.

Mas, sesungguhnya aku sangat ingin kau miliki. Rasa cintaku padamu tak tertahan lagi, ingin rasanya memeluk erat dirimu dan tak kulepas lagi. Aku terbayang akan kisah yang akan kita torehkan dalam kehidupan kita bersama nanti. Tak kuasa aku menahan tangis saat mengingat ini. Terisak melihat kenyataan yang ada.

Aku...

Tidak bisa memilikimu mas. Ibu akan menikahkanku dengan kawannya yang kaya raya. Aku tak kuasa menolaknya mas, aku tidak bisa melawan keinginan seorang Ibu yang telah melahirkanku ke dunia fana ini. Dunia yang telah mengantarkanku menemuimu, tapi tak mampu untuk memilikimu. Maafkan aku mas, cinta kita harus dipendam sampai disini, biarlah cinta kita abadi di hati kita masing-masing.

Walaupun...

Walaupun...

Raga kita tidak bisa bersama.


Salam



Sutini Nur Maemunah


"Walaupun kita terpisah secara raga, hati kita terjalin kuat selalu mas..."


Air mata membasahi lembaran surat yang terlebih dahulu terlihat penuh dengan bekas air mata juga. Ada dua pilihan buat Joni, patah hati gantung diri atau pergi berlari mengejar cinta. Joni terdiam. Sampai pada akhirnya terdengar suara, "JONNNN !!! NGAPAIN SIH DI KAMAR !!!?? BANTUIN EMAK NIMBA AER!!!". Dan sepertinya, pilihan yang ketiga lebih aman. Bantu emak nimba aer.

***


Jaman udah berubah saat ini dan teknologi berkembang pesat. Surat macam itu udah jarang dipake lagi. Selain lama... Surat itu gak bisa cepet sampe. Hehee. Gue gak bisa nemu alesan lain selain lama. Sekarang ada berbagai macam media untuk menuangkan perasaan melalui tulisan. Ada email, message Facebook, SMS, dll.

Baru-baru ini, di era globalisasi saat ini. Temen gue menerima surat cinta yang dikirim melalui Facebok. Ini sangat mencengangkan. Ternyata masih ada orang yang mau menulis puitis untuk pujaan hati tersayang dengan kata-kata menyayat hati dan emosi. Gue sendiri takjub ngedenger cerita kalo dia dikirimin surat cinta. Ternyata masih ada laki-laki yang sangat melankolis yang gemar mengirimkan surat berkata-kata indah untuk cewek yang dia suka.

Berikut adalah isi surat cinta di era globalisasi seperti ini, tanpa editan, kecuali nama.
Untuk keamanan image sang penulis dan penerima, nama mereka berdua gue samarkan.


Joni October 27 at 9:06pm
Hi lisa pa kabar?
Thanks ya dah confirm, lam kenal ya ^_^

Sebenarnya ad sesuatu hal yang pengen ak katakan secara langsung am kamu...cm mendapat waktu yg tepat u/ bisa mengatakannya rasanya cukup sulit :)
mungkin hanya lewat e-mail ini ak bisa mengungkapkannya.

Sejujurnya semenjak p'tama x aku melihat km..ntah knapa muncul rasa suka dan t'tarik am km...ak jg ngk ngerti knapa ad p'rasaan itu secara tiba2..

Maaf, mungkin kamu anggap hal ini "BEGITU KETERLALUAN" ..ya ket'laluan soalnya ad se2orang yg masih asing bwat km tiba2 mengungkapkan p'rasaannya sama km.

Mungkin km pikir aku ini seorang pembual, tak tau malu, tak punya sopan santun dsb..oke bwat ak ngk masalah karena mungkin itu wajar :)

Tapi ak punya alibi u/ itu semua...
mohon jangan dsamaartikan antara "RASA SUKA" dengan "CINTA"
karena itu hal yg sangat b’beda, cinta jauh lebih luas maknanya drpada hanya sekedar rasa suka
bwatku bisa mencintai se2orng tdaklah mudah…dan membutuhkan proses yg tidak mudah pula & tentuny mbutuhkn waktu…

Anggaplah..ungkapan rasa suka ini bisa km artikan sebatas keinginanku bwat b'teman baek ama km, sesuatu yg wajar yg hrs dilakukan seorang laki2 dlm memulai sesuatu hubungan yang baek..
Hmm...mungkin jg km berfikir whatever ap itu rasa suka atau apalah..tetep idealnya butuh waktu bwat menyampaikannya,,
Ya..silakan & mohon maaf klu mnrutmu caraku salah,,ak hanya ingin memilih jujur tanpa dsertai topeng basa basi yg esensinya sama2 aj ^_^

Bagiku ungkapan suka, benci, rindu, t’tarik, sayang, cinta dll itu hanya sebuah apresiasi dari hak azasi yg dimiliki setiap manusia, dan pastinya takan ada seorang pun yg bisa membatasinya ^_^

Oke lisa, thank bgd ya dah mau membaca e-mailku ini, I am so sorry isi e-mailnya agak mendalam, lancang & sedikit panjang hehe
Maaf juga dah membuat hari2 kemarin km di *** mnjadi t’ganggu krn ulahku
Salam hangat ya bwat org2 yg km sayangi ^_^



Salam

joni


Perlu gue tekankan, dia mengungkapkan perasaan "CINTA" bukan "SUKA". Ingat...!! Jangan salah membedakannya!! Hehee.

Untuk jaman canggih seperti sekarang, surat seperti ini gue namakan : "SURAT CINTA ELEKTRONIK". Mungkin kah ini menjadi tren? Hehee.

Ciaoo...

9 komentar:

crazy lil outspoken girl mengatakan...

and this post dedicated to........

hehehe...piiiisssssss!!!!!
anyways,jgn sama2in band2 sampah itu sm moymoypalaboy yah!!!enak aja..moymoypalaboy waaaay better than them!!

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@gadis : dedicated to : temen gue yang dikirimin SURAT CINTA ELEKTRONIK! hahaaa

Anonim mengatakan...

Kaya gw kenal smua tokoh yg ad d ni post..
Seseorang yg memakai bj jawa keliling jakarta adl seseorang cowo yg lebih tua dr kita.
Cewe yg memperoleh email cinta adalah seorang artis terkenal yg sgt kt kenal.
Huaha...

crazy lil outspoken girl mengatakan...

oh..buat temen lo..
gw kira buat gebetan lo kan...*makin ekstrim*
hihi

mademoiselle indah mengatakan...

gw tauuuu. ahahahahaaaaakkk!!! tp kaan, gw juga pernah dapet, agak2 mirip deh, tapi lebih panjaaaaaaaanggg. gw ampe ngakak2 bacanya. hihihihihihihi..;p

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@ anonim : ssstt...diem-diem aja yak..hyahhaaaa..

@ gadis : gebetann? itu blum ada.. coming soon.. tunggu aja, gue akan bikin sesuatu. ahahaaa.

@mademoiselle : wah,kok gak bilang2? pasti sama kocaknya sama yang ini.
Eh, apa lebih kocak lagi!? ahahaaaa

Smita mengatakan...

wwwaaw si ikan jatuh cinta hahaha
gw kira tadi lo seharian dikampus bikin skripcong taunya malah sibuk bikin surat cinta hahaha

RaRa Wulan mengatakan...

mungkin akan lebih cepat dan praktis kalo surat cinta via elektronik..
kita nggak perlu ribet cukup kirim email dan sudah terkirim pesannya..
kalo buat yang suka sama dunia internet mungkin surat cinta elektronik merupakan ide yang bagus buat ngungkapin perasaan hehehe
thank you :D

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@rara wulan : masalahnya surat cinta penuh kata2 gombal itu loh... masih jaman aja kayak romeo - juliet. ahahaaa