Rabu, Maret 04, 2009

We Are The Broterhood Of Material

Material, suatu kata yang bisa berarti bahan baku dalam pelajaran Akuntansi Biaya yang menyusahkan itu. Tapi kalau hal itu ditanyakan kepada panitia SIMAK-UI, hal itu bisa berarti : Sekumpulan anak muda bermuka beringas yang mempunyai tugas mengantar soal dan Lembar Jawaban ke lokasi ujian dan membuat Berita Acara atas setiap kejadian di lokasi. Selama bulan Februari, gue bertugas jadi petugas Material. Gue termasuk dalam sekumpulan anak muda bermuka beringas itu. Bedanya muka gue bukan beringas, tapi berminyak.

Syarat untuk masuk ke dalam kelompok ini gampang, nurut dan manut. Kita berkumpulnya di UI Salemba, tepatnya di Balai Mahasiswa, setiap jam 2 siang. Kapanpun kita dipanggil, kapanpun kita dibutuhkan, kita harus datang ke tempat suci itu. Dalam ruangan tersebut, terdapat Trinitas kepemimpinan.

Maksud dari trinitas disini adalah : perkataan, perintah, dan perbuatan yang benar hanya berasal dari 3 orang saja yang bernama Meson, Aji,dan Imo. Perkataan, perintah, dan perbuatan yang dilakukan oleh orang lain di dalam ruangan gak bisa dianggep sama sekali. Meson dan Imo adalah dua petinggi yang isengnya gak ketulungan. Ada kisah dimana dulu mereka pernah ngerjain anak2 yang baru masuk jadi tim dengan cara menempelkan duit seribu ke jidat untuk kemudian dinamakan “Pasukan Secengan”. Aji adalah petinggi baru yang berparas tampan, berada di sebelah dia menyebabkan rasa minder gue naik 2x lipat.

Kita juga punya ritual keagamaan sebelum memulai kegiatan. Pertama-tama kita membuat 11 baris, dimana setiap baris berisi 6 manusia. Kemudian ada 6 orang maju ke depan yang bertindak sebagai pemandu upacara. Setelah selesai berbaris, tangan kanan ditaro di dada dan dengan muka serius dan bersungguh-sungguh kita mengucapkan SAPTA PRASETYA BROTERHOOD MATERIAL :

1.MELAKSANAKAN TUGAS DENGAN BERDISIPLIN,BERTANGGUNG JAWAB, DAN TIDAK MEMBANTAH.


2. BERSIKAP KRITIS, DAN
BERANI MENGEMUKAKAN PENDAPATSECARA ILMIAH.

3. SELALU GEMBIRA, TERTAWA,DAN TIDAK BERSEDIH (LA TAHZAN).

4. KREATIF,NGOCOL,DAN NORAK.

5.SALING MENGENAL SATU SAMA LAIN,DAN TIDAK BOLEH MARAH, DAN DENDAM

6. SALING BERBAGI RIZKI DENGAN TEMAN

7.SETIA KAWAN DAN TIDAK EGOIS

8.PUNYA RASA HUMOR YANG TINGGI

9.MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN

10. MENJUNJUNG TINGGI SENIORITAS

11. MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI BUDAYA,YANG ILMIAH,VALID,RELIABEL,POSITIF,DAN KONSISTEN.

Sapta Prasetya ini ibaratnya Pancasila-nya Indonesia. Filosofi dasar kita dalam berkegiatan. Dan jangan pernah berani nanya kenapa namanya Sapta padahal ada 11 janji. Karena seperti yang gue bilang di awal, Prasetya ini bersumber dari 3 Trinitas itu dan apapun yang bersumber dari sana tidak bisa dibantah dan diingkari. Apa sanksi-nya? Disuruh berdiri di depan khalayak ramai dan dipermalukan.

Setelah seleasi menyebut Prasetya suci itu, ada ritual keagamaan lain yang mesti dilakukan. Kita menarik napas, pandangan mata lurus ke depan, mata memandang jauh ke masa depan, badan tegap, kaki lurus menghujam tanah, dan tangan tetap di dada. Kita bernyani GENDERANG UI. Setelah selesai menjalankan ritual keagamaan itu, tugas kita adalah... duduk... duduk... diabsen... dan dikerjain sama 3 Trinitas kekuasaan tersebut. Ketawa-tawa dan menyampah adalah rutinitas dasar dalam ruangan itu. Pernah suatu hari kita disuruh dateng jauh2 ke UI Salemba Cuma buat diabsen dan kalo misalnya ada nama yang aneh, dikata2in sama salah satu pemimpin bernama Meson. “Hahahaa.. ntar pas pulang lo tanya sama bapak lo apa arti namanya.. nama lo aneh!!”.

Setelah itu... kita pulang... Ongkos... 8 rebu..

Seiring berjalannya waktu, gue pun mulai ditempatkan di suatu lokasi. Gue bertugas di SMKN 27 Pasar baru. Permasalahannya mulai muncul saat gue mengetahui kalo... gue gak tau tempatnya dimana. Solusinya adalah : Nanya Polisi. Hehe. Bisa2 gue ditilang. Yang bener gue survey kesana, dan saat survey gue mengalami kejadian sial. Motor yang gue tumpangi nyenggol mobil. Dan yang lebih disayangkan lagi, kesalahan terdapat di motor yang gue ditumpangi yang dikendarai oleh temen gue bernama Apis. Apis emang mempunyai style nyetir melayang menyerupai abang Bajaj. Yang mengetahui kemana sang motor mengarah cuma Tuhan dan dirinya sendiri.

Sang Bapak pengendara mobil untungnya seorang bapak teladan yang baik hati. Kerusakan yang kita buatdimobilnya dianggap angin lalu aja, karena mau diminta ganti rugi pun paling mentok kita ngasih cat aer buat nambel cat yang udah soak itu. Kelar konflik, kita pun langsung ke SMKN 27 buat melapor ke pengurus sekolah. Saat gue lagi asik2 bernegosiasi, dari pintu gerbang depan gue liat mobil Honda Civic berwarna biru. Pikiran gue berucap, “Sepertinya gue kenal mobil itu...”. Saat dia selesai muterin sekolah, kaca pengemudi dibuka. Dari dalam terlihat sang bapak yang mobilnya gue senggol. Dengan muka bengis dia ngeliatin gue yang sedang negosiasi. Dan gue pun nengok ke arah sebaliknya... Oh, tidak…

N1, N2, N3, N4, AJ1, J1, J2, J3, J4, J5, dan J6. Kode2 Berita Acara itu udah terkontaminasi ke otak gue selama sebulan.

Pada hari H, hari dimana SIMAK UI berlangsung. Gue berkewajiban memberikan briefing kepada pengawas2 yang ada tentang Berita Acara tersebut. Dengan santai mereka bilang, “Gampangg... tinggal isi Berita Acara... kita mah udah sering kayak begini...”.

Kemudian saat pengumpulan tiba...

Dari 15 ruangan yang gue kasih berita acara, hanya 3 ruangan aja yang ngisi dengan baik dan benar.

OMG... Gue kelimpungan... Masalahnya kalo ada satu TTD yang miss gak keisi, gue bakal disuruh ngejar orang yang seharusnya TTD sampai kemanapun dia berada. Nge-rekap Berita Acara yang gak beres itu butuh waktu lama, sedangkan ujian jam ke-2 dimulai 1 jam kemudian. Saking hectic-nya keadaan, akhirnya gue sukses... mimisan di pantat.

Untungnya jam ke-2 gak segitu parahnya. Setelah ngurusin printil-printilan yang ada setelah jam ke-2. Secara resmi gue dinyatakan berhasil melakukan tugas dengan baik dan benar. Gue balik lagi ke Salemba UI jam 5 sore. Untuk kemudian balik ke rumah jam 10 malem.

Terakhir kali gue tidur? Setengah 7 malem, malem sebelumnya.


24 jam gak tidur + gak mandi = tepar dan bau badan



Ciaoo...

3 komentar:

shandyisme mengatakan...

jal.. serius itu janji alias sumpah material kaya gitu? kalo gw yg disuruh nyebutin kayanya gw ngakak duluan..

Material.. SMANGAT!!
gw doain gaji lo lebih banyak dari gw hehehehe..

Melinda mengatakan...

OH NO!!
Kenapa account ade gw masi aktif??
gw jadi nulis pake account dy..
Sori jal.. Ini gw yg asli!! hehehe..
yg shandyisme itu account ade gw..

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

wahhh.. itu dua orang yang sama? weheheee.. sumpah itu bener2 ada.. itu terpatri nyata di dada gue...