Minggu, November 23, 2008

Premium Yang Aneh

Seorang laki-laki sedang ngubek-ngubek kolam renang dengan asiknya, di sebelahnya ada seorang cewek yang gak jelas apa kegunaannya disana. Tiba-tiba dateng seorang bapak-bapak berdandan rapi ke kolam renang itu. Bapak ini entah maling atau salesman, karena dia masuk-masuk ke rumah orang tanpa izin seenaknya. Dia bilang ke bapak-pembersih-kolam itu "Anda lahir hari apa?", gobloknya bapak-pembersih-kolam itu bukan ngetok kepala si bapak-necis itu pake saringan kolam karena masuk2 rumah tanpa izin dulu. Dia malah nurutin aja, "Rabu legi" (bapak ini memiliki daya ingat kuat, karena bisa tau hari lahirnya sampe ke hari jawanya).

Dengan sotoy sang bapak-necis itu berkata "Anda enggak cocok kerja di kolam, cocoknya kerja di laut" (Ngapain juga ke laut, bersihin laut pake saringan?). Sang wanita di sampingnya yang sedari tadi gak jelas kegunannya cuma goyang-goyangin kaki menjadi semakin tidak jelas. Bapak necis itu pun promosi suruh kita kirim SMS ke nomer premium yang sekali SMS bisa buat naek kereta ekonomi Depok-Bogor supaya kita tau bakal cocok jadi apa (ketik REG DODOL). Apakah jadi penyaring kolam atau pembersih laut. Dengan mengirim SMS sebesar 2rb, hidup kita bakal berubah selamanya.

Gue jadi penasaran, ada gak sih orang yang segitu desperate-nya sama idup yang lebih milih SMS-an sama si bapak-necis. Ngabisin duit ketimbang mikirin sendiri mau jadi apa. Tapi kalo diliat lagi, ternyata sekarang banyak banget SMS premium dan Global TV yang paling sering gue liat majang iklan kayak begini. Durasinya luar biasa, bisa sampe 1 menit. Padahal untuk harga untuk masang iklan di TV itu mahal banget.

Bentuk-bentuk dari SMS premium ini makin lama makin aneh dan menjurus penipuan. Ada yang nawarin game gratis di hape. Dengan gembar gembor "Tempatnya game gratis hanya disini" mereka menawarkan berbagai macam jenis game. Mulai dari balapan, petualangan, tembak-tembakan, dan mungkin game balap karung pun ada. Memang terlihat menggiurkan, terutama untuk gamers2 kurang kerjaan. Tapi kalo dilihat lebih jelas, dan untuk melihatnya kita membutuhkan alat bantu berupa kaca pembesar atau mikroskop, di bagian bawah iklan ada tulisan kecil dua baris dengan font kecil mungil. Nggak bakalan keliatan jelas, kecuali emang niat mau mentokin jidat ke layar TV buat tau peraturannya. Kalo gue, yang bisa gue tangkep itu cuma informasi kalo ternyata game yang didapet musti bayar. Per game 10 ribu, ditambah proses yang bakal berbelit yang memakan uang 2rb/sms (nerima & ngirim), jadinya kalo ditotal-total kita bisa jadi miskin untuk seonggok game yang belom tentu bisa dimaenin.

Kemudian ada juga REG LUCU, yang iklannnya memunculkan suara-suara ketawa yang mengganggu dan terkesan freak. REG HIDAYAH yang menawarkan ringtone-ringtone yang gak jelas apa pengaruh ringtone itu dengan nyampenya hidayah ke kita. REG HOROR yang menawarkan rasa takut dan kita harus bayar untuk ditakut-takutin sama SMS kayak begituan.

Yang paling uzur itu SMS dari artis-artis ternama ibukota. Dengan mengirimkan REG IDIOT kita bisa tau dimana idola kita berada, lagi apa, kapan nikahnya, mau kemana, udah mandi atau belum, dan jalannya ngangkang apa enggak. SMS yang diterima diklaim langsung dari hape sang artis. Well? Apakah artis Indonesia udah kurang kerjaan ngirimin SMS ke orang yang gak dikenal? Dan apakah gunanya kalo kita tahu Cinta Laura lagi jalan jongkok di pinggir laut?


Yah, sesuai hukum ekonomi. Dimana ada demand, disitu ada supply. Mungkin mayoritas masyarakat masih suka dibego2in dengan model kayak gini, jualan mimpi, petunjuk idup, humor yang gak lucu, dll. Ya begitulah.. hehee..

ciaoo...

5 komentar:

conankotahujan mengatakan...

Yaah, emank masyarakat Indonesia sekarang ga bisa berpikir dengan jernih, gimana mo jernih, buat hidup sehari2 aja udah bkin pikiran butek kaya kali ciliwung.. hoho

idiotiqa mengatakan...

monyong,ko' contohny pk nama reg IDIOT,nama eke tuh bo'..
haha

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@conankotahujan:betul!! kebanyakan berendem disana kali yaa.. hehee

@idiotiqa : sori deh naro nama tanpa bayar royalti duluu.. :D

sino mengatakan...

ketik reg spasi abon dan dapatkan abon gratis selama sebulan,wew kok jadi ngiklan se
hohohohohoho

Mirzal Dharmaputra mengatakan...

@sino :abon..??ngomong2 soal abon gue punya kerjaan yang bayarannya mahal banget!!

kerjaannya gampang..


nepokin sapi sampe jjadi abon.. hahahhaha!!

(JAYUS MODE : ON)