Sabtu, Mei 23, 2009

Kendaraan Umum

Pernah naik kendaraan umum(kenum)?? Gue yakin pasti pernah semua lahh seenggaknya seumur idup sekali naek angkot pernah khan…naek kenum itu lebih berwarna dibanding naek kendaraan punya sendiri..karena di dalem kenum itu ada berbagai macam orang, ada yang giginya gingsul, ada yang bulu idungnya nongol, ada yang serem, ada yang lucu, ada yang mempunyai bau badan menyaingi bau sampah, ada yang ngedengerin musik pake earphone tapi folumnya bisa nyaingin speaker, ada yang mesum., dll…

Gue mau cerita skarang pengalaman2 lucu gue selama naek berbagai macam kenum (bus way, bis, mikrolet, apb, angkot biru depok, kereta, gerobak sampah, sampe blangwir pemadam kebakaran..)

Pertama yang blog gue sebelumnya..liat aja…

Kedua.. Gue naek angkot sekitar jam 8 malem gitu dari gunadarma pondok cina mau pulang..sampe di kober naeklah dua orang pengamen, yang satu nangkring di pintu trus yang satu lagi nyanyi di depan gue (bukan dia privat nyanyi sama gue lohh tapi tempat duduk gw deket sama bangku cadangan di angkot) dia nyanyi 11 Januari – Gigi dengan birama 4/4 jatuh pada ketukan ke 23, udah tau donk vokal armand tuh gimana..yang kalo bilang S itu eshhh…n’ kaloo bilang de jadi jhe..

sebebelash januari bertemu..

menjalani kishah cinta ini..

naluri berkata engkaulah..

milikku..

lagi bait itu gue merasa ada benda cair yang nimbrung di pipi gue..gue kira ujan atau ada orang iseng dari luar nyemprot angkot (iseng bgt yaa…?), gue cuekin aja..

reff. :

kau bawa jhiriku

ke jhalam hidupku

kau basuh jhiwaku..dengan rasha shayang..

shenyummu juga pejhihmu ajalah hijupku.

Kau shentuh cintaku..

Jhengan lembut..

Jhengan shejuta warnaa..

Gue udah mulai curiga sama keadaan sekitar. Masalahnya pas bagian dia nyebut D dan S benda cair misterius itu mampir mulu di pipi gue. Dan akhirnya gue menemukan sumber air tersebut berasal dari mulut pengamen yang lagi nyanyi itu. Gila juga dia produksi aer, bagus dikirim aja ke afrika bwat nolong daerah kering… udah gitu nyemprot pipi gue lagi dan bau ...(kok tau??soalnya dengan gobloknya gue ciumm..), gue ngindar aja miringin badan ke kanan..ehhh..anginnya ternyata ke arah situu…tetep aja gue kesemprot.. yaudah ke kiri..jadi gue di angkot udah kayak di film matrix ngindar2 pluru. Muka gue terkontaminasi. Semoga aja gue gak kena Herpes gara-gara itu.

Ketiga waktu naek kereta api. Waktu itu hari masih pagi dan gue naek kreta Jakarta-depok itu skitar jam setengah 8..

“Jgeess..jgeess..jgeess…” (kereta Jalan)

“shheeeettt………” (kereta berenti)

Kereta setengah 8 udah dianggep anak tiri sendiri sama PJKA, sampe di stasiun Pasar Minggu kretanya musti nongkrong dulu bwat nunggu pangeran express lewat soalnya kereta gue masih rakyat jelata, gak boleh jalan cepet-cepet dan harus selalu manunduk.

Di kereta itu gue rame-rame sama temen gue, salah satu temen gw itu ada yang namanya nenek. Biarpun tua, tetapi dia punya kisah yang sama sekali gak bisa gue dan dia lupakan. Ceritanya kereta lagi diem di Pasar Minggu…tiba2 ada bunyi..

“PSHHHTTTTTT…”,

Bunyinya kenceng banget dari bawah kereta. Dan itu bukan suara kentut! Waktu itu lagi anget2nya berita kecelakaan kereta. Kereta-kereta lagi hobi meledak. So pasti semua penumpang pada panic at the disco! Berlarian lah semua isi kereta keluar awur2an banget keadaanny. Yang kocak ada pengemis yang nyeret2 kaki gitu belagak gak bisa jalan tapi tiba2 dia lari kenceng banget keluar..haha..Gue sendiri karena saking bingungnya jadi gak panik masih aja di dalem kereta. Gue cuma berdiri diantara 2 pintu keluar aja, pintu kanan itu ada peronnya pintu dan kiri gak ada. Langsung ke rel dan tinggi kalo mau loncat dari pintu situ. Pas keadaan udah adem lagi barulah mereka pada masuk lagi. Kemudian tiba-tiba dari pintu kiri, gue mendengar ada suara memanggil.

“kannn…kannn….” (dalam hati : “??? jangan2 kuntilanak??masak pagi2??”)

Gue ngelongok keluar..ehh..ternyata si nenek udah nongkrong aja di bawah nyugsep gara2 kepanikan mau keluar kereta..berhamburan semua isi tas dia kayak mek ap, lipstick, bedak, dll.. (yg gw heran gak ada buku..)..

“kann..tolongin gue donkkk…”

Yaudah gue tolongin aja dia pake uluran kaki ..(gak lah.. pake tangan..emang gue atlit senam..) setelah gue tolongin barulah dengan kejam gue ketawain puas. Mungkin obsesi si nenek ini jadi atlet lompat indah professional tapi gak kesampean jadinya bikin cabang olahraga baru yaitu lompat kereta.

Pas udah turun temen gue, Iman, nyamperin gue..

“Jall..jall…tadi lo denger gak ada suara psshhhtt dari kreta..”

“Iya, lo denger juga? Lo di gerbong mana !!??”, kata gue

“Itu khan gara2 gw narik rem darurat, gue kira itu apaan makanya gue tarik aja..”

Yeilah ini mahasiswa, umur udah bangkotan tapi gak tau kalo yang warna merah trus bisa ditarik di dalem kereta itu gunanya bukan bwat manggil masinis ato’ pelayan bwat mesen makanan ato’ bwat bunyiin klakson kereta, tapi bwat bikin kereta nye-top alias ngerem,. Nenek yang ada di samping gue langsung ngamuk2 sama Iman. Gara2 dia narik tuh rem darurat si nenek jadi nyungsep dari kereta api..hahahha… Dan dia jadi atlit loncat indah dari kereta pertama di dunia.

Begitulah sebagian pengalaman2 unik gue waktu naek kenum,ada banyak sih yang laen tapi lupa.

Ayo ayo hidup kenum!!!

Lestarikan Badak Jawa!!*lho?*

0 komentar: